Skip to main content

Gunung Semeru dan Munculnya Malaikat Cantik Dari Kayangan

Gunung Semeru dan Munculnya Malaikat Cantik Dari Kayangan



Hai kalain para pecandu jalan-jalan dan pecinta alam! ketemu lagi ni di pagi hari yang cerah. Pada kesempatan yang bagus ini gue akan cerita lagi tentang pendakian gunung, dari kemarin pendakian gunung mulu ya gak bosen-bosen si pemilik blog ini hehe. 


Perjalanan pendakian yang gua ceritain kali ini mendaki gunung Semeru, dan di dalam perjalanan bakalan ada hal-hal yang menakjubkan! apa itu hal yang menakjubkan? karena dalam perjalanan ada sesosok Malaikat Cantik yang terpeleset atau terjungkal dari kayangan, untuk detail ceritanya mari kita mulai kisahnya sodara!

Gunung Semeru merupakan Gunung Tertinggi di Pulau Jawa, atau sering disebut atap Pulau Jawa dengan memiliki ketinggian 3676 MDPL dengan puncak yang dikenal Puncak Mahameru. Gunung Semeru gunung yang sudah terlalu mainstream dijajaki oleh para pendaki, kenapa mainstream? itu semua karena film 5 cm yang sangat populer hingga banyak bermunculan pendaki dadakan.




Seperti biasa, titik awal perjalanan di mulai dari stasiun Pasar Senen Jakarta. Disini gua banyak nemuin para pendaki lain yang akan berangkat menuju gunung tujuannya, antara lain ada yang mau ke gunung Merbabu,Lawu,Sindoro,Sumbing,Prau,Semeru akhhh dan masih banyak lagi.
Tepat jam setengah 3 siang Akhirnya kereta Matramaja berangkat menuju kota Malang dan gua sudah nempel di kursi kereta yang empuk (lanjut tidur mungkin kali ya).

Sampai di Malang sekitar jam 7 pagi, udara segar sehat tercium setelah keluar dari Stasiun. Tanpa basa basi gua sama temen-temen langsung mencari kendaraan untuk disater sampai menuju Tumpang. Kebetulan sekali bertemu dengan pendaki lain berjumlah 4 orang yang mau nyater mobil angkot, langsung aja kita berkonsolidasi untuk nyater bersama, mereka ini berasal dari Bandung dan pada kuliah di UNPAD.

Sampai di basecamp Tumpang langsung daftarkan diri buat boking Mobil Jip untuk menuju Ranupani. Mobil jip sudah dapet dan sebelum berangkat gua harus berbelanja logistik di Pasar Tumpang, pasarnya tak jauh dari Basecamp Tumpang kok cuma berjarak 500 meter. Mobil jip pun berangkat membawa rombongan Pendaki Kami, dan tak lupa Para Pendaki asal Bandung Juga satu mobil jip. Pengalaman dapet temen baru dari Bandung gaes mereka orangnya asik-asik dan ramah, dan menjadi Rekan Tim Pendakian.

Sampai di gerbang Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Mobil Jip pun kami hentikan sebentar, karena pemandangan disini sangat keren,cantik, dan mantap untuk dijadikan tempat berfoto ria. Hamparan sabana rumput yang luas terlihat dari atas jalan, dan gagahnya Puncak Mahameru terlihat eksotis dengan asap yang disemburkan ke atas langit.





Lanjut menuju Ranu Pani, banyak Perkebunan Sayuran di Desa Ranu Pani ini, seperti main game Harvest Moon saja kita dapat berfarming dan mencari istri dan kurcaci haha. Perlengkapan pendakian sudah siap dan pendaftaran Simaksi sudah lengkap selesai langsung aja berdoa bersama dan memulai pendakian.

Malaikat Cantiknya kok belum muncul ya? tenang-tenang kita sudah sampai di bagian kemunculan malaikat cantiknya hehehe. Kejadian ini terjadi saat kita sampai di Pos 1 pada saat istirahat, oh iya di pos 1 ini ada ibu-ibu penjual Gorengan dan Semangka Segar, lumayan lah buat nunda lapar dan pelat mari kita jajan!
Jadi ibu-ibu penjual gorengan itu malaikat cantiknya? bukan-bukan ibu-ibu itu istri petani kebun sayur di Ranu Pani, kalau Malaikat Cantiknya ini dia!




Ha ha ha kaget kan dengan Malaikat Cantik ini? Perkenalkan namanya Rebeca biasa dipanggil Ribka. Perempuan ini sangat tangguh dan strong! dia menjadi tour guide Semeru pendakian tim kami. Kalau ditanya pengalaman dia sudah lama menjadi seorang pendaki wanita, dia juga sudah pernah mendaki Gunung Semeru tapi belum sampai Puncak Mahameru... kasihan ya mbak Tapi kali ini dia bersikeras untuk membalas dendam agar sampai di Puncak Mahameru.



Tour Guide Semeru si Malaikat Cantik :D
Malaikat cantik ini pun memimpin di barisan depan, dia berjalan gagah tanpa membawa beban hidup. Di Pos 3 gua cidera gaes, gue dapet kiriman jackpot alias mabuk gunung Hoekkk muntah deh gue. Sialan dengan muntahnya langsung lanjut perjalanan menuju Ranu Kumbolo karena hari sudah malam hari.

Akhirnya sampai di Ranu Kumbolo, langsung saja kita buat tenda dan istirahat. Malam sudah berlalu dan saatnya menikmati matahari pagi Ranu Kumbolo. Sarapan Pagi di Ranu Kumbola adalah hal sepesial, menyeduh kopi hitam dan beberapa kudapan gorengan yang baru diangkat dari penggorengan. Banyak sekali tenda yang didirikan di tepi Ranu Kumbolo hingga tak terhitung jumlahnya.















Sunrise Ranu Kumbolo


Sunshine Ranu Kumbolo
Lanjut peralanan melewati tanjakan cinta, kalian pasti sudah sering denger Mitos Tanjakan Cinta ini kan? jangan percaya gaes itu Hoax! lo gak akan dapet jodoh dengan pasangan yg lo harapin saat naik tanjakan cinta ini ha ha ha. 



Tanjakan Cinta

Dari atas Tanjakan Cinta ini pemandangan landscape Ranu Kumbolo dapat memanjakan mata ku beribu-ribu kali dan tak mau beranjak dari sini. Kita lupakan dulu tanjakan PHP nya, melewati cemoro kandang dan padang bunga lavender. Tapi sayang bunga lavendernya sudah mengering dan tidak berwarna ungu.

Sampai di Kalimati kami memutuskan untuk bermlam disini, dan perjalanan ke puncak akan dilanjutkan pada jam 11 malam. Istirahat yang cukup untuk menyimpan energi pada saat summit attack.

Camping satu malam di Kalimati

Pada summit attack ada sebuah insiden, teman pendakian gua terkena hipotermia, perjalanan menuju Puncak Mahaemeru pun tidak kami lanjutkan menuju puncak karena temen gua satu itu sudah tidak tahan dengan dinginnya suhu dan mengerang kesakitan. Langsung geret turun menuju Kali Mati untuk menyelamatkan nyawa anak orang, dan untuk tim rombongan dari bandung kami persilahkan Menuju Puncak bersama Malaikat Cantik.

Sampai juga di Kali Mati, dan temen gua sudah sembuh dari Hipotermia dan keluar dari masa kritisnya, langsung istirahat tidur masuk tenda. Bersefie di Puncak Mahameru gue tunda dulu gaes, sebagai gantinya ini keseruan photo di Kalimati.




Bunga Edelweis di Kawasan Kalimati

Kristal es atau bisa disebut salju di kawasan Kalimati


Photo Candid biar Gaul

Superhero !

Bangga Menjadi Indonesia

Demikian cerita pendakian yang dapat gua bagi di postingan ini, dan tentunya masih banyak cerita jalan-jalan lainnya yang bakal gua bagi buat kalian semu. Sampai jumpa dan Salam Lestari!

Comments

Popular posts from this blog

MACAM-MACAM JENIS TENDA PENDAKIAN GUNUNG

Salam Lestari! Hai! para rekan sahabat petualang, apa kabar kalian ? pasti kabar baik dan sehat. Pada posTingan kali ini, gw bakal bahas tentang macam-macam jenis tenda pendakian gunung. Tenda itu banyak macam jenisnya lho bro, maka dari itu kali ini gw akan berbagi informasi untuk kalian semua. Baiklah langsung aja kita kupas bro! cekidot! 1. Ridge Ridge ini berbentuk segi tiga seperti atap rumah, ringkas tetapi installasi susah (pemasangan dengan bantuan tiang dan tali), kapasitas tenda ini kecil hingga berkapasitas sangat besar. Biasanya tenda ini dipakai oleh Pramuka, atau bisa disebut juga tenda Pramuka bro. Tenda Ridge 2. Dome Nah kalo yang satu ini merupakan tenda yang sering digunakan saat mendaki gunung bro. Tenda ini sangat ringkas, memiliki rangka /  frame  tersendiri, installasi mudah sehingga mudah dikemas dan dibawa. Berat rata-rata dari tenda jenis ini antara 1-6 Kg tergantung ukuran dan kapasitas tenda. Tenda Dome   3. Tenda Semi-geodesic Dome Te

15 PERALATAN PRIBADI MENDAKI GUNUNG

15 Peralatan Pribadi Mendaki Gunung Salam Lestari! Oke bro, kali ini gw bakal bahas tentang peralatan pribadi mendaki gunung. Peralatan pendakian dirancang khusus untuk mengatasi masalah yang akan didapatkan di lapangan saat melakukan petualangan atau penjelajahan di berbagai macam relief permukaan bumi. Yang memudahkan kita, relatif nyaman dan memberikan perlindungan yang memadai dari bahaya yang didapatkan di medan yang relatif ekstrim. Kita ada kalanya mementingkan ego dan merasa telah mampu menghadapi kondisi alam hingga kita kurang memperhatikan masalah perlengkapan. Dengan memperhatikan beberapa medan yang sering dilalui, ada beberapa peralatan standar yang perlu dipersiapkan sebelum perjalanan. 1. Sepatu Gunung/ Tracking Merupakan salah satu peralatan primer. Karena kegiatan utama adalah berjalan, maka kaki harus mendapatkan perhatian penting supaya perjalanan menjadi nyaman saat mendaki. 2. Kaos Kaki Sangat penting digunakan karena membantu menyerap keringat,

Pendakian Gunung Betung

Gunung Betung Salam Lestari !  Apa kabar kalian rekan sahabat alam? Ini adalah postingan pertama gw dalam edisi Mendaki Gunung. Mendaki gunung sekarang sudah menjadi gaya hidup atau juga bisa dibilang Way Of Life ! Dari setiap kalangan muda ataupun tua mendaki gunung itu sama halnya dengan suatu kesenangan dan tentunya kegiatan yang bermanfaat. Oke langsung aja kita mulai cerita singkat perjalanan Pendakian Gunung Betung !  Gunung Betung memiliki tinggi 1240 MDPL, gunung ini terletak di kawasan Hutan Wan Abdul Rahman Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung. Gw ama temen-temen biasanya memulai perjalanan dari pusat kota Bandarlampung menuju TKP  di Desa Wiyono Kecamatan Gedungtataan Peswaran dengan kendaraan roda dua, Jarak yang ditempuh dari Pusat kota Bandarlampung menuju Desa Wiyono adalah sekitar kurang lebih 30 Km. Sebelum kita melanjutkan perjalanan menuju basecamp gunung betung, kita selalu menitipkan sepeda motor di rumah warga sekitar Desa Wiyono tepatnya di perkamp

MACAM-MACAM BAHAYA DI PEGUNUNGAN

Salam Lestari ! Hai para rekan sahabat! apa kabar kalian semua? Di postingan kali ini gw bahas tentang macam-macam bahaya dipegunungan. Mendaki gunung merupakan salh satu kegiatan atau olahraga yang memiliki kadar resiko bahaya yang cukup tinggi lho, oleh karena itu kita harus tau apa aja ni bahaya-bahayanya, agar kelak kita dalam mendaki gunung selalu waspada dan berhati-hati untuk keselamatan diri kita masing-masing. Oke bro langsung aja kita kupas dan bahas setajam silet! cekidot! 1. Kejatuhan Batu Kejatuhan batu ataupun longsoran batu merupakan bahaya yang sering kali mengancam dalam pendakian gunung. Hembusan angin yang kuat, hujan angin dan badai menyebabkan batu-batu tersebut berjatuhan dan longsor. Pada masa sekarang ini dimana banyak perjalanan dilakukan di pegunungan, batu-batu yang berjatuhan, disebabkan oleh pendaki gunung yang kurang berhati-hati, dan merupakan salah satu bahaya yang terpenting di pegunungan. Ancaman batu yang siap jatuh dan longsor 2. Daerah-D

PERALATAN CLIMBING

Salam Lestari ! Apa kabar kalian rekan sahabat alam? Pada kesempatan kali ini, gw akan membahas tentang climbing lho, yang berjudul "Peralatan Climbing ". Didalam setiap kegiatan pendakian pasti memerlukan beberapa peralatan yang berguna untuk menunjang keberhasilan dan kelancaran serta keselamatan kegiatan tersebut, tak terkecuali untuk climbing bro. Di postingan sebelumnya gw udah jelasin sedikit tentang climbing . Oke tanpa pikir panjang lagi mari kita bahas apa aja sih peralatannya. 1. Tali Pendakian Tali pendakian jelas sekali sangat dibutuhkan dalam kegiatan climbing. Fungsi utamanya dalam pendakian adalah sebagai pengaman apabila jatuh. Dianjurkan jenis-jenis tali yang dipakai hendaknya yang telah diuji oleh UIAA ( Union International Alpen Association ) , yaitu suatu badan yang menguji kekuatan peralatan-peralatan pendakian. Panjang tali dalam pendakian dianjurkan sekitar 50 meter, yang memungkinkan leader dan belayer masih dapat berkomunikasi. Umumnya di

Rimba Hutan Lumut Gunung Tanggamus

Rimba Hutan Lumut Gunung Tanggamus Hai hai semua para sahabat pecinta alam! Ketemu lagi dengan gue si penulis  pengalaman nanjak dan halan-halan alias Mlaku-Mlaku dab di semua tempat wisata alam seperti gunung,laut,air terjun,danau bahkan planet Namek! Tempat destinasi yang gue jajal tanjak adalah Gunung Tanggamus. Gunung Tanggamus terletak di Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus provinsi lampung dengan memiliki ketinggian 2102 MDPL. Cerita Perjalanan ini sebenarnya cukup lama berlalu tepatnya tahun 2014 silam sebelum Negara Api menyarang, dan waktu itu gue masih muda belia he he he. Gunung Tanggamus 2102 MDPL Untuk sampai di Gunung Tanggamus jarak yang ditempuh jika berdasarkan lama perjalanan dengan kendaraan roda dua sekitar kurang lebih 3 jam. Akses untuk sampai di Kecamatan Gisting Tanggamus, kita  melalui arah Gedong Tataan - Gading Rejo - Pringsewu - Talang Padang. Pokoknya patokan terakhir adalah SD setelah Indomaret Depan Puskesamas Gisting. Sebelum melanj

APA ITU BUSHCRAFT ? HAL-HAL INI HARUS ANDA KETAHUI DI DALAM SURVIVAL

Apa Itu Bushcraft ? Hal-hal Ini Harus Anda Ketahui di Dalam Survival Apa yang anda lakukan jika hilang atau tersesat di gunung/hutan ? Survival! benar itu adalah jawabnya dan kita kesana dengan seorang anak, anak yang tangkas dan juga pemberani hahaha kenapa jadi nyanyi opening son goku ya gua ini :D. Survival atau bertahan hidup di alam bebas baik itu di gunung maupun hutan adalah hal yang harus anda lakukan, kali ini gua akan memberikan sedikit pengetahuan yang sudah gua kaji dari berbagai sumber materi ilmu tentang bushcraft.  Bushcraft adalah keahlian bertahan hidup di alam bebas yang mempelajari hal-hal mendasar dari survival seperti mendapatkan air & makanan, membuat hunian, menyalakan api, navigasi, sinyal, membuat peralatan untuk mempermudah hidup seperti pisau, tombak, alat masak, juga mencakup pengetahuan tanaman untuk obat-obatan dll. Karena sifatnya yang mendasar bushcraft menjadi inti dari survival karena apa yang dipelajari diatas akan selalu bisa diter

TIPS TALI TEMALI

Salam Lestari! Apa kabar kalian semua rekan sahabat alam? Pada kesempatan kali ini gua akan berbagi ilmu tali menali yang gua dapet dari baca buku refrensi. Seni Simpul pada tali menali merupakan bagian utama yang  harus dimiliki oleh para penggiat aktifitas luar lapangan atau outdoor. Sangat penting sekali menguasai berbagai jenis simpul yang sangat membantu di alam bebas. Simpul dalam tali temali itu banyak ragam jenisnya sesuai kegunannya, dan didalam membuat simpul itu sendiri juga banyak tekniknya lho bro. Berikut ini adalah beberapa jenis simpul yang sering digunakan dalam kegiatan outdoor 1. SIMPUL REEF Simpul Reef atau disebut juga simpul mati merupakan simpul dasar dalam tali menali dan biasa juga digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kegunaan dari simpul ini yaitu untuk menyambung dua buah tali yang sama. Simpul Reef ( Simpul Mati ) 2. SIMPUL DELAPAN Simpul delapan ini biasa digunakan oleh penggiat outdoor. Simpul ini banyak digunakan oleh pemanjat tebing /

MENGENAL BOTANI DAN ZOOLOGI PRAKTIS DALAM SURVIVAL

Salam Lestari! Apa kabar kalian rekan sahabat alam? Di postingan kali ini, gw akan berbagi informasi tentang Survival dan gw akan membahas tentang "Mengenal Botani dan Zoologi Praktis dalam Survival. Mempelajari botani dan zoologi praktis dianggap penting untuk lebih mengenal jenis tumbuhan dan hewan yang dapt dimanfaatkan sebagai makanan darurat ( survival food ) atau obat-obatan. Selain itu kita dapat mengenal jenis tumbuh-tumbuhan dan hewan yang harus dijauhi karena beracun, berbisa, atau dapat mengancam keselamatan jiwa.Hal ini penting lho bro, karena di ala liar terutama di hutan tropis seperti di hutan di Indonesia, memiliki karakteristik yang berbeda dengan alam Sub Tropis. Wild Food & Foraging Autumn Feast Weekend via www.wilderness-survival.co.uk/wild-food-forage Daerah tropis memiliki karakteristik sebagai berikut : keanekaragaman spesies yang tinggi tetapi dalam satu spesies jumlah populasinya rendah. Artinya harus lebih banyak mengenal keanekaragaman s

TIPS UNTUK MANAJEMEN PENDAKIAN

Salam Lestari! Apa kabar kalian rekan sahabat alam? pasti sehat dan bahagia kan. Pada postingan kali ini gw bakal bahas tentang Tips Manajemen Pendakian. Pendakian gunung itu harus memilki manajaeman yang matang dan terencana lho. Oleh karena itu persiapan untuk merencanakan suatu perjalanan ke alam bebas harus memiliki persiapan dan penyusunan secara matang dan sistematis. Terdapat rumusan yang umum digunakan didalam sebuah manajemen pendakian, yaitu 4W & 1H, yang kepanjangannya adalah : Where, Who, Why, When, How. Oke bro langsung aja kita kupas, apa aja sih isi dari 4W & IH tersebut? ini dia diantaranya : Manajemen pendakian itu harus dilakukan dengan matang 1. Where ( Dimana ) Untuk melakukan suatu ekspedisi di dalam pendakian gunung, kita harus mengetahui dimana tempat atau lokasi yang akan kita tuju. Contoh: Gunung Merbabu. 2. Who ( Siapa ) Apakah anda akan melakukan ekspedisi mendaki gunung tersebut sendiri atau dengan berkelompok. Yang dimaksud disini